Kamis, 08 Januari 2009

Membumikan NLP

Malam ini saya baru saja kembali dari perjalanan ke Pasamansalah satu kabupaten di utara propinsi sumatera barat. Perjalanan yang panjang dan tentu saja melelahkan karena jalan yang tidak selalu terasa mulus, kedengarannya sudah tidak asing lagi bagi kita ketika menyimak cerita teman atau rekan kita menceritakan pengalaman mereka. Namun yang saya alami hari ini ketika perjalanan yang memakan waktu tidak kurang dari empat jam itu justru sebaliknya.
Sebuah perjalanan panjang, penuh liku, jalan yang tidak selalu datar, tapi saya mendapatkan pendalaman pemahaman akan NLP. Hal ini bisa terjadi karena teman perjalanan tersebut adalah seorang NLP practitioner juga. Kita berbagi cerita tentang banyak hal mengenai NLP, dan karena kita mengikuti NLP Practitioner yang berbeda kita memiliki pengalaman dan pemahaman serta perspektif yang tidak selalu sama dalam memandang hal dalam NLP. Nah disinilah letak serunya...
Diskusi, tukar pikiran dan kadang saling memeta model (nampaknya monster metal model belum hilang dari diri kami masing-masing) menjadikan perjalanan ini penuh makna. Dari diskusi ini kami menemukan beberapa perbedaan perspektif, walaupun tidak terlalu jauh, dari guru kami masing-masing dalam menjelaskan dan membumikan NLP. Dalam perbedaan perspektif itulah kami saling mengisi dan saling melengkapi. Dan akhirnya kami benar-benar merasakan bahwasanya keseharian kita adalah dilingkupi oleh NLP.
Ketika kita bicara pendidikan, proses belajar mengajar, dengan beberapa tools yang kita pelajari dari NLP, maka proses tersebut akan semakin mudah dijalankan lebih banyak membawa perubahan.Ketika kita bicara mengenai parenting, wow...siapa yang menyangkal kekuatan reframing di ranah ini.
Ketika kita bicara tentang proses berfikir, pengambilan keputusan, motivasi dan personal development, betapa banyak tools NLP yang kita bisa gunakan untuk mengembangkannya.
Ketika kita bicara tentang presentasi dan komunikasi bisni, alangkah suksesnya kita kalo menguasai dan menutilize NLP. Dari perjalanan dan diskusi panjang ini, kami semakin menyadari bahwasanya membumikan NLP dan menjadikannya suatu alat dalam menjalani keseharian kita adalah suatu usaha yang terpuji dan mulia.
Salam NLP

2 komentar:

  1. Selamat buat pak hasbi atas sertifikasi nlp nya,barusan dari websitenya mas ronny,baca2 testimoni..Ternyata ada yang dari padang yaitu pak hasbi,langsung nyari digoogle search ketemu deh blog ini..Dari cerita di artikel diatas kebayang besarnya manfaat nlp dalam kehidupan,

    BalasHapus
  2. Hallouw Dunia ku,
    Senang anda telah berkunjung ke blog ini dan mari kita saling memberdayakan dan bersinergi melintasi batas dan waktu.
    salam
    Hasbi

    BalasHapus

Thanks for your comments.
May your life fill up with happiness.