Senin, 20 Februari 2012

Like vs Deslike

Suka adalah perasaan subjektif yang sering membutakan. Terkadang kita menyukai sesuatu tanpa alasan yang jelas, namun tak jarang kita menyukai sesuatu karena alasan-alasan tertentu seperti kesamaan, kenikmatan, ataupun kenyamanan yang kita dapatkan dari sesuatu yang kita suka.
Tidak suka (deslike) pun merupakan sesuatu yang juga sangat subjektif. Pada saat yang lain menyukai sesuatu, kita entah karena egoisme kita, atau karena kealfaan kita melihat kelebihan dari sesuatu tersebut menyebabkan kita begitu tidak menyukainya.
Sekarang mari kita lihat untung ruginya ketika kita menyukai atau tidak menyukai sesuatu.
Ketika kita menyukai sesuatu, kita cenderung untuk berfokus pada sisi positifnya dan mengabaikan bahkan menyangkal sisi negatif yang mungkin ada. Sebaliknya, ketika kita tidak menyukai sesuatu, kita cenderung untuk hanya berfokus pada sisi negatifnya dan mengabaikan atau pun tidak menganggap penting kelebihan yang ada pada yang tidak kita suka.
Sebagai contoh, ketika kita menyukai suatu merk motor atau mobil tertentu kita akan mengabaikan ketidaknyamanan yang kita rasakan. Bahkan kita berfikir ada yang salah dari cara kita mengendarai kendaraan tersebut.
Ketika kita tidak menyukai merk kendaraan tertentu, pada saat kita mengendarainya, kita cenderung mencari-cari kelemahan ataupun kesalahan yang ada pada kendaraan tersebut. Alih-alih bertanya kesalahan kita dalam cara mengendarai, ketika cara kita salah dalam mengendarainya kita cenderung menyalahkan kendaraan tersebut.
Nah pelajarannya: ketika kita tidak menyukai sesuatu jangan-jangan sesuatu tersebut memiliki banyak kelebihan dan sangat berguna buat kita. Maukah kita belajar dan mengambil manfaat dari apa yang tidak kita suka?
Ketika kita menyukai sesuatu sudahkah kita benar-benar melihat kekurangan yang mungkin ada untuk kemudian kita perbaiki sehingga kita semakin menyukainya.
Bagaimanapun, semoga anda menyukai tulisan ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comments.
May your life fill up with happiness.